Ini Trik Memilih Cincin Kawin yang Tepat Sebelum Pernikahan

Julian-Somadewa_Wedding-Ajeng-and-Nugy-47

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat sakral bagi semua orang. Setiap orang pasti selalu mengharapkan bisa menikah dengan orang yang paling dicintai. Pernikahan yang diharapkan pasti juga hanya sekali saja seumur hidup. Tentu saja karena harapannya hanya sekali dalam seumur hidup, setiap orang pasti mengusahakan yang terbaik untuk pernikahannya. Salah satu persiapan sebelum pernikahan ialah membeli cincin kawin. Agar tidak salah membeli dan menyesal, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu tips memilih cincin kawin yang tepat berikut ini.

Memilih cincin kawin yang tepat :

  1. Melakukan survei di beberapa tempat

Langkah pertama yang harus Anda ambil ialah menentukan waktu yang tepat untuk membeli cincin kawin tersebut. Sebenarnya Anda tidak perlu membeli cincin kawin dari jauh-jauh hari sebelumnya. Namun usahakan membelinya paling tidak 30 hari sebelum pernikahan digelar. Anda bisa melakukan survei bersama pasangan di beberapa toko untuk melihat-lihat serta mencoba cincin kawin mana yang tepat. Pilih model cincin kawin yang diinginkan dari awal agar Anda bisa memilih lebih leluasa dan sesuai dengan ukuran jari. Selain itu, mungkin saja Anda bisa mendapatkan diskon khusus dari toko tersebut.

  1. Memilih desain cincin yang tepat

Setelah mengetahui model cincin yang diinginkan, Anda harus memilih cincin kawin yang tepat. Ada hal-hal yang harus diperhatikan pada desain cincin yang mau dibeli, yaitu bentuknya. Usahakan cincin tersebut memiliki model yang utuh serta tidak mempunyai rongga di dalamnya. Mengapa demikian? Cincin yang utuh biasanya mempunyai kekuatan yang lebih, daripada cincin yang hanya keliatan besar saja tapi di dalamnya terdapat rongga ruangan. Biasanya cincin kawin mudah patah pada bagian lingkar bawah atau tangan bagian dalam karena sering terjadi gesekan di jari.

  1. Menentukan budget yang akan dikeluarkan untuk cincin kawin

Setelah mengetahui model cincin kawin yang diinginkan, Anda harus mencari tahu berapa harga pasaran untuk sepasang cincin kawin tersebut. Setelah mengetahui harga pasaran, segera tentukan berapa budget yang Anda perlukan untuk membeli cincin tersebut. Apakah sesuai dengan budget yang Anda miliki atau tidak. Jika tidak sesuai dan jumlahnya terlalu banyak, sebaiknya segera pindah haluan ke model lain yang minimalis dan dibanderol dengan harga yang lebih pas untuk kantong Anda. Namun jika waktunya masih panjang, Anda masih mempunyai banyak waktu untuk mengumpulkan dana yang pas untuk membeli cincin kawin yang diinginkan.

  1. Menanyakan surat-surat yang bersangkutan

Sebelum membeli, Anda harus mengetahui apakah cincin kawin yang hendak dibeli tersebut apakah dilengkapi dengan surat perhiasan dari toko atau tidak. Surat tersebut berisi mengenai kadar emas, berat, dan harga. Biasanya juga akan ada tata cara penjualan kembali. Walaupun Anda memang tidak berniat menjual kembali cincin kawin tersebut, namun sertifikat tersebut tetap wajib dimiliki.

Ada dua pilihan tempat untuk membeli cincin kawin yang bisa Anda pilih, yaitu Jewelry Store dan toko emas. Lokasi juga bisa membuat harga menjadi berbeda. Jika Anda menginginkan cincin kawin yang digarap dengan sentuhan modern, maka Anda bisa membeli di Jewelry Store. Di sana Anda akan ditawari harga sepaket untuk sepasang cincin, bukan ditawari harga cincin berdasarkan nilai gram emas. Anda bisa memilih beragam cincin kawin dengan model yang berbeda-beda. Sebaliknya jika membeli cincin di toko emas, Anda akan ditawari harga cincin berdasarkan nilai gram emas, bukan modelnya. Biasanya harganya akan lebih terjangkau karena mengikuti harga emas di pasar saat itu. Namun untuk masalah model biasanya lebih simpel, tidak terlalu mengikuti tren, dan terkesan monoton. Toko emas hanya membuat cincin kawin berdasarkan pesanan saja. Setelah mengetahui perbedaanya, Anda tinggal menentukan toko mana yang mau didatangi. Jangan membeli cincin kawin di toko online karena risikonya lebih tinggi, seperti ukuran yang tidak bisa dicoba.

Itu tadi lima tips memilih cincin kawin yang tepat sebelum pernikahan. Karena pernikahan merupakan momen yang terjadi hanya sekali seumur hidup, Anda harus lebih teliti dan berhati-hati saat membeli cincin kawin. Pilih toko yang terpercaya, cincin dengan model yang diinginkan, dan persiapkan budget Anda. Selamat berburu cincin kawin ya, couples!

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *