Tips Memilih Gaun Pengantin: Membuat Sendiri Atau Menyewa?

Julian Somadewa_Wedding Eria and Jiwo (48)

nah kali ini kami akan memberikan sedikt tips memilih gaun pengantin membuat sendiri atau menyewa, Setiap calon pengantin pasti memerhatikan seluruh detail persiapan pernikahan mereka. Mulai dari pakaian yang akan dikenakan, gedung yang akan dipakai, makanan, kue tart, undangan, dan masih banyak lainnya. Salah satu perlengkapan yang begitu penting ialah pakaian yang dikenakan. Mengapa demikian? Pakaian pengantin merupakan pusat utama perhatian para tamu undangan ketika mempelai menjadi raja dan ratu dalam sehari. Wajar saja jika pakaian pengantin begitu dipikirkan oleh calon pengantin, terutama calon pengantin wanita. Gaun pengantin yang dikenakan biasanya menjadi senjata utama untuk penampilan maksimal saat pernikahan digelar.

Namun terkadang banyak calon pengantin yang merasa dilema untuk menentukan apakah gaun pengantin yang dikenakan akan dijahit (membeli) sendiri atau sewa. Sebenarnya antara membuat sendiri atau menyewa sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan membuat sendiri dan menyewa gaun pengantin.berikut tips memilih gaun pengantin :

Kelebihan menjahit sendiri :

1. Model gaun lebih khas dan tidak pasaran

Kelebihan pertama jika menjahit sendiri ialah model gaun yang khas dan tidak banyak beredar di pasaran. Tentu saja modelnya akan customized karena dibuat sesuai dengan permintaan Anda sendiri.

2. Lebih nyaman dipakai

Karena dijahit sesuai dengan ukuran badan Anda, maka dipastikan tidak akan kebesaran atau kekecilan. Anda tidak perlu khawatir akan tidak nyaman saat mengenakannya.

3.Desain dapat dipilih sendiri

Kelebihan lainnya ialah kebebasan dalam menentukan desain. Anda bisa menentukan semuanya sesuai dengan keinginan Anda sendiri, karena dijahit sendiri. Mulai dari bahan yang dipakai hingga modelnya. Asyik kan?

4.Dapat disimpan

Gaun pengantin yang dibuat sendiri bisa menjadi kenang-kenangan yang disimpan kembali. Selain itu, nilai histrorisnya cukup tinggi. Anda bisa menunjukannya kepada anak cucu kelak.

Kekurangan menjahit sendiri

1.Membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama

Gaun pengantin yang dijahit sendiri biasanya memerlukan waktu yang cukup lama dalam pengerjannya karena setiap detailnya yang dibuat detail. Belum lagi pengerjaannya yang dibuat secara manual tanpa mesin untuk bagian payet-payet kristalnya. Jika ingin menjahit sendiri, sebaiknya rencanakan dari jauh-jauh hari.

2.Membutuhkan budget yang besar

Menjahit sendiri biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar karena menggunakan jasa desainer khusus untuk membuatnya. Jika Anda tidak memiliki budget yang besar, alangkah lebih baik jika menyewa saja. Karena gaun pengantin hanya akan dipakai sekali saja. Anda bisa mengalokasikan dana ini pada kebutuhan lainnya.

Kelebihan menyewa

1.Tidak memerlukan waktu yang lama

Menyewa berarti pakaiannya sudah jadi dan siap pakai. Anda hanya tinggal fitting untuk memilih model yang diinginkan. Biasanya ukuran pakaian yang disewakan sudah pas, sehingga tidak bisa dirubah secara drastis. Namun bisa dirubah beberapa bagian, seperti dikecilkan pada bagian lengan.

2.Harga sewa yang lebih murah

Tentu saja budget untuk menyewa lebih murah jika dibandingkan dengan menjahit sendiri. Jika Anda memiliki budget yang masih minim, Anda bisa menyewa gaun pernikahan. Modelnya juga biasanya beragam menentukan model yang sedang tren saat itu.

Itu tadi tips memilih gaun pengantin dengan cara menyewa atau menjahit sendiri tentunya pasti ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika membuat sendiri atau menyewa gaun pengantin tergantung kita untuk memilih yang mana sesuai keinginan. Anda pilih yang mana? Tentukan saja dari budget yang Anda miliki.

Apabila Anda sedang mencari fotografer wedding atau membutuhkan jasa photo wedding Jakarta maupun jasa photo wedding Jogja, Anda bisa menghubungi beberapa vendor yang memiliki kredibilitas tinggi seperti Colorful Photo Cinema.

Drop a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *